Gemblong, Penganan Tradisional Terenak Sepanjang Zaman

(sumber: Dokumen pribadi)

Pertama kali mengenalnya persis tiga puluh tujuh tahun lalu. Saat itu nenekku rajin sekali membuat Gemblong, penganan tradisional terenak sepanjang zaman. Makanan yang terbuat dari ketan hitam dan ketan putih ini merupakan kue jajanan pasar yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Bentuknya yang lonjong, diselimuti gula merah memberikan citarasa yang lembut, gurih, dan manis.

Cara membuatnya termasuk mudah. Cukup sediakan bahan utama seperti tepung ketan. Kamu bisa menggunakan ketan putih atau pun ketan hitam. Lalu siapkan tepung kanji, kelapa muda yang diparut, sedikit margarin, garam, dan santan kental.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan campuran tepung ketan dan santan. Setelah tercampur rata, masukkan tepung kanji sambil diaduk. Lalu masukkan garam dan kelapa parut, dan margarin. Jangan lupa tetap diaduk, ya. Setelah kalis lalu didinginkan. Nah, mulailah membentuk gemblong, penganan tradisional terenak sepanjang zaman ini. Kamu hanya perlu menggunakan telapak tangan yang sudah dibersihkan, ya. Bentuklah lonjong-lonjong. Setelah semuanya selesai dibentuk barulah digoreng hingga matang. Setelah digoreng semua gemblong baru dilapisi dengan adonan gula merah. Agar lebih enak kamu bisa gunakan gula aren. Oh ya, cara melapisi gemblong, penganan tradisional terenak sepanjang masa ini adalah dengan memanaskan gula aren yang sudah disisir tipis ya. Setelah gula aren itu berbuih dan berserabut baru masukkan gemblongnya. Aduk terus hingga gemblong terlapisi sempurna. Angkat dan dinginkan. Nah, setelah dingin makanan khas Betawi ini sudah bisa kamu nikmati dengan segelas teh tawar yang hangat. Hm, rasanya maknyus banget.

(Karadenan, 25 April 2021; 4:52 wib)

2 thoughts on “Gemblong, Penganan Tradisional Terenak Sepanjang Zaman”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *